Rabu, 29 April 2015

Definisi dan Jenis Lan Card / NIC



Pengertian LAN Card


LAN Card adalah ‘pintu’ ke jaringan dari komputer. Setiap jenis aktivitas jaringan memerlukan LAN Card – Internet, jaringan printer, menghubungkan komputer bersama-sama. Saat ini banyak perangkat berisi kartu jaringan: Televisi untuk aplikasi mereka gratis, pemutar Blu-ray, ponsel, telepon VoIP desk, bahkan lemari es. LAN Card adalah perangkat keras, yang dapat ditambahkan ke komputer atau mereka dapat diintegrasikan ke dalam perangkat keras utama komputer.


Jenis LAN Card


LAN Card terdengar seperti kartu kredit, dan beberapa Kartu LAN terlihat seperti kartu kredit.




Dalam gambar ini Anda bisa melihat kartu PCMCIA, yang dapat digunakan di laptop. Ada banyak cara lain untuk menghubungkan LAN Card ke komputer. Beberapa kartu yang terhubung melalui port USB, beberapa melalui port PCI dalam komputer, dan beberapa bahkan tertanam dalam komputer. Kebanyakan laptop saat ini telah terintegrasi LAN Card baik untuk jaringan kabel dan nirkabel.


Ini gambar berikutnya menunjukkan kartu PCI, yang berjalan dalam sebuah komputer PC. Kartu ini menunjukkan port Ethernet, yang merupakan tempat di mana Anda menyambungkan kabel jaringan. LAN Card Anda memilih sering menentukan protokol yang digunakan pada jaringan. Sebagai contoh, sebuah kartu Ethernet akan memungkinkan komunikasi melalui protokol Ethernet. Sebuah kartu coax akan memungkinkan untuk topologi jaringan bus dan satu set baru protokol. Sebuah kabel serat akan memiliki plugin kabel yang berbeda dan kemungkinan akan bekerja dengan Wide Area Network protokol. Port Ethernet pada LAN Card tampak seperti jack telepon, tetapi lebih lebar dan memiliki lebih banyak pin.





Gambar di bawah menunjukkan kabel Ethernet yang khas, atau kabel jaringan. Ini adalah plugin, yang masuk ke LAN Card, atau Jaringan antarmuka controller (NIC).


Fungsi LAN Card


Tujuan dari LAN Card adalah untuk menciptakan koneksi fisik ke jaringan, untuk memberikan ‘pintu’ terbuka, seolah-olah. Antarmuka pertama didukung oleh LAN Card adalah antarmuka fisik bagaimana kabel dihubungkan ke kartu. Interface ini didefinisikan dengan baik dalam dokumentasi teknis, yang mengapa kabel jaringan standar sesuai kartu LAN paling standar. Fungsi kedua dari LAN Card adalah untuk menyediakan data link. Ada model teoritis dalam jaringan komputer yang disebut OSI – Open System Interconnection. Model ini, atau cara menjelaskan jaringan, termasuk 7 layer. Dua lapisan pertama adalah lapisan fisik dan data link. Setiap lapisan dari model OSI memungkinkan untuk lapisan lain untuk menjadi mandiri. Upgrade atau mengubah satu lapisan tidak mempengaruhi yang lain. Ini berarti bahwa jika plugin berubah untuk semua kartu LAN, unsur-unsur lain seperti protokol tidak harus berubah.




Data fungsi link dari LAN Card menyediakan hardware-tingkat pengiriman dan penerimaan data jaringan biner. Nol dan yang mengalir dari jaringan ke kartu jaringan. Kartu ini dapat mengenali aliran ini dan bahkan dapat memeriksa kesalahan. Ketika Anda menghidupkan komputer dengan LAN Card, itu akan memiliki dua lampu, satu hijau dan oranye. Lampu oranye akan menyala saat lapisan data link diaktifkan. Ini berarti bahwa kabel bekerja, ada jaringan yang terhubung, dan bit data mengalir. Lampu kedua, lampu hijau, datang pada setelah lapisan berikutnya lapisan jaringan sudah diaktifkan (seperti jaringan IP).


Jenis LAN Card


Jenis LAN Card dapat dibagi menjadi nirkabel dan konduktif (kabel) dari perspektif bagaimana mereka terhubung ke jaringan. Pada saat yang sama, kita bisa mengkategorikan kartu berdasarkan bagaimana mereka terhubung ke komputer. LAN Card dapat terhubung ke komputer melalui PCI, port PCMCIA, USB port, dan port lainnya. Sebagian besar komputer saat ini memiliki LAN Card terintegrasi ke papan utama atau mother board. Ini berarti bahwa Anda tidak dapat mengeluarkan kartu.


Sebagian besar komputer dapat memiliki lebih dari satu LAN Card dalam diri mereka. Ini khas untuk laptop hari ini untuk memiliki kartu LAN nirkabel dan kabel LAN Card. Anda dapat memiliki beberapa Kartu LAN kabel di komputer untuk menghubungkan komputer ke beberapa jaringan atau untuk meningkatkan kecepatan dan kapasitas koneksi ke jaringan tunggal dengan penyatuan dua atau Kartu LAN lebih ke koneksi virtual. Alasan lain untuk memiliki lebih dari satu LAN Card di komputer, terutama server, adalah untuk membangun ketahanan atau ketersediaan tinggi. Jika salah satu LAN Card gagal, atau jaringan gagal, server akan memiliki akses ke jaringan eksternal melalui LAN Card kedua dan jaringan sekunder. Ini adalah contoh dari LAN Card terintegrasi, atau kartu Ethernet pada mother board:




Ringkasan


LAN Card sangat penting saat ini. Kebanyakan perangkat terhubung ke jaringan, terutama untuk jaringan internet. Hal ini dapat berguna untuk mengenali jika komputer memiliki LAN Card. Anda dapat mencari port Ethernet. Kadang-kadang Anda mungkin perlu mengganti kartu LAN. Carilah cahaya oranye untuk melihat apakah kartu tersebut bekerja di lapisan rendah. Kadang-kadang kartu bekerja dengan baik, tetapi konfigurasi jaringan yang salah. Dalam hal ini mengganti kartu mungkin tidak diperlukan. Mulai sekarang, ketika Anda menggunakan jaringan, Anda mungkin akan berpikir tentang ‘pintu’, Kartu LAN membuat koneksi untuk Anda

0 komentar:

Posting Komentar