Senin, 04 Mei 2015

Pengertian Optical Drive

Pengertian Optical Drive


Optical Drive adalah hardware atau yang tidak mengerti hardware perangkat keras komputer yang mimpunyai fungsi untuk menyimpan data dengan media yang berupa kepingan CD dan cara melakukannya ialah menggunakan teknologi optik. Di tulisan siang ini saya juga akan menuliskan jenis – jenis optical Drive, baca terus ya.

Jenis – Jenis Optical Drive :
  • CD – ROM (Compact Disc – Read Only Memory)
Ini berfungsi hanya sebagai pembaca compact disk (keping CD)
  • CD – RW (CD – writer)
CD – RW ini mempunyai fungsi selain membaca kepingan CD namun juga mempunyai fungsi bisa menulis. Kecepatan yang di miliki adalah 52 x 48 x 36, ini maksudnya CD – RW mampu membaca dengan kecepatan 52, menulis dengan kecepatan 48 dan kecepatan dalam rewrite sebesar 36.
  • DVD Combo
Kemampuan yang di miliki yaitu mampu membaca kepingan CD dan kepingan DVD serta mampu menulis di kepingan CD tetapi tidak mampu menulis di kepingan DVD.
  • DVD ROM
DVD ROM mempunyai kemampuan hanya membaca seperti halnya CD – ROM, tetapi kemampuan membacanya dapat membaca kepingan DVD maupun kepingan CD.
  • DVD RW
Jenis optical Drive yang ini mempunyai fungsi yang lengkap yaitu mampu membaca format CD maupun DVD, DVD RW ini juga mempunyai kemampuan untuk menyimpan data pada CD maupun DVD.
  • DVD / CD Duplikator
Jenis yang satu ini berfungsi untuk menggandakan DVD maupun CD untuk user dengan menggunakan teknologi baru dan murah. DVD / CD Duplikator ini berdiri sendiri tanpa ada komputer maupun sebuah software. System ini mempunyai 3 komponen utama yaitu target Drive, source Drive dan juga duplication controller Card.
Itulah pengertian dan jenis – jenis optical Drive yang dapat saya uraikan untuk kalian semoga dapat kalian pahami. Pesan saya terus membaca dan membaca agar lebih berpengetahuan, dan yang lebih pentingnya jangan lupa kunjungi terus artikel – artikel saya, sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar